Jumat, 15 Januari 2010

10 Hal yang perlu diketahui remaja tentang Ganja.

  1. Memakai ganja adalah perbuatan melanggar hukum, kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan, jika pernah dihukum.
  2. Ganja berbahaya. menghisap ganja meningkatkan resiko kanker dan kerusakan paru-paru. juga menyebabkan panik, cemas dan parno (perasaan seperti dikejar orang) yang akan mengancam keselamatan kita.
  3. Ganja mengurangi kemampuan melakukan aktifitas yang membutuhkan koordinasi dan konsentrasi seperti olahraga, menari, latihan drama, dan belajar.
  4. Memakai ganja mengurangi penilaian orang lain terhadap dirimu. Coba pikir, jika kamu berpakaian rapi lalu ada ganja ada ditanganmu, apa yang kamu lakukan? Apakah kamu biarkan dirimu sering lupa, atau sulit berkendara? apakah kamu biarkan isi dompetmu terkuras?
  5. Ganja membatasi dirimu, Ganja menganggu sekolahmu, hubunganmu dengan keluarga dan kehidupan sosial.
  6. Ganja menganggu cara berpikir dan menilai sesuatu. Hal itu sangat mengundang resiko, seperti kecelakaan dan kekerasan.
  7. menghisap ganja tidak menjadikanmu keren (cool), justru sebaiknya, penampilanmu lusuh.
  8. Ganja menyebabkan ketergantungan kamu merasa selalu membutuhkan ganja, dan sulit melepaskan daripadanya.
  9. Menghisap ganja bukan penyelesaian masalah, ganja tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan masalah akan lebih berat, karena kamu tidak berusaha mencari penyelesaiannya. bicarakan masalahmu dengan orang yang kamu percayai. jangan percaya kepada orang yang berkata, bahwa ganja tidak berbahaya atau akan menjadikan hidupmu lebih baik.
  10. tidak semua orang memakai ganja, kamu tidak membutuhkannya. jika kamu pikir, semua orang memakai ganja, kamu keliru. Di Amerika Serikat lebih dari 80% remaja 12-17 tahun belum pernah memakai ganja. Ganja tidak menjadikanmu bahagia, populer, atau dewasa.
BNN, Pencegahan Narkoba untuk Remaja, 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on LinkedIn