Rabu, 17 Oktober 2012

SOLUSI PENANGANAN NARKOBA SECARA DINI UNTUK MENYONGSONG BANGSA INDONESIA KEDEPAN LEBIH BAIK DAN LEBIH MAJU, UNTUK MENCAPAI CITA CITA BANGSA YANG BERSATU, BERDAULAT ADIL DAN MAKMUR.

YANG PERTAMA JANGAN ADA DUSTA DIANTARA KITA, KITA SEMUA HARUS BERTANGGUNG JAWAB MENANGANI NARKOBA SECARA BERSAMA SAMA , DAN MELAKSANAKAN AMANAH DENGAN BAIK JUJUR DAN IKHLAS UNTUK MENYELAMATKAN BANGSA. 

HUKUM DI INDONESIA BERLAKU SAMA, TIDAK ADA PERBEDAAN UNTUK PELAKU TINDAK PIDANA BAGI WARGA NEGARA INDONESIA. 

KITA PERSIAPKAN SEJAK DALAM KANDUNGAN ,LAHIR ,BAYI SAMPAI DEWASA DIBERI MASUKAN ( AIR SUSU IBU, MAKAN DAN MINUM) DARI UANG YANG HALAL, UMUR DUA TAHUN DIBERI MASUKAN MASUKAN YANG BAIK, BAIK GIZI DAN APA YANG DILIHAT, DIDENGAR , DIRASAKAN, CONTOH CONTOH YANG BAIK-BAIK, YANG LEMAH LEMBUT, SOPAN SANTUN,KASIH SAYANG, RAMAH TAMAH ,MENGHORMATI ORANG YANG LEBIH TUA. DLL. 


UMUR 4 TAHUN MULAI DISURUH BERMAIN SECARA BERSAMA/ PLAY GROUP ,AGAR BERMAIN DAN DAPAT SECARA AKTIF UNTUK BERKOMUNIKASI DAN DAPAT BERMAIN SECARA BERSAMA ( DAPAT BERSATU/ MEMBUAT GROUP BERMAIN SECARA BERSAMA ), TIDAK BERBUAT SENDIRI/ EGOIS, MENGENAL DIRI, TEMAN,KELUARGA,LINGKUNGAN,DAN MENGENALKAN KEPADA KHALIKNYA/ PENCIPTANYAr , BEJAR MANDIRI  DLL YANG BAIK-BAIK 

MULAI SEKOLAH DASAR MEMBENTUK KEPRIBADIAN, UNTUK DAPAT MENGENAL DIRI, DAPAT MENGERTI HARUS BERBUAT APA YANG RUTIN ATAU DISIPLIN, BELAJAR MEMBACA,BERKOMUNIKASI, BERANI BERBUAT YANG BAIK, BERANI MENYAMPAIKAN PENDAPAT, BEKERJA BERSAMA, MERANGSANG BERPIKIR KREATIF, MEMBENTUK DASAR DASAR KEPRIBADIAN HARUS BERBUAT APA DAN BERTANGGUNG JAWAB APA DENGAN DIRINYA SENDIRI, HARUS BERBUAT APA DAN BERTANGGUNG JAWAB APA DENGAN ORANG LAIN , HARUS BERBUAT APA DAN BERTANGGUNG JAWAB APA KEPADA LINGKUNGANNYA, HARUS BERBUAT APA DAN BERTANGGUNG JAWAB APA KEPADA SANG KHALIKNYA/ PENCIPTANYA, MENGENAL DIRINYA SEBAGAI APA , BERPERAN SEBAGAI APA DAN HARUS MELAKUKAN APA DIRINYA DALAM POSISI PERANNYA, TAHU MANA YANG BAIK DAN MANA YANG BURUK. 

SEJAK SEKOLAH DASAR SUDAH HARUS DIBERIKAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA NARKOBA ,YANG SANGAT MEMBAHAYAKAN DAN MENAKUTKAN , SEHINGGA BERANJAK DEWASA SUDAH ANTIPATI DAN TAKUT TERHADAP NARKOBA, DAN SUDAH IMUN/ MENOLAK NARKOBA. 

TIDAK DICOKOKI DENGAN PAKSAAN BELAJAR MENGHAPAL, BERHITUNG,YANG SANGAT BERAT SEHINGGA LUPA TERHADAP APA ITU KEPRIBADIAN YANG WAJAR DAN BAIK HARUS DILAKUKAN ,SEHINGGA AKAN MERUSAK KEPRIBADIANNYA HARUS MENIPU, LICIK, MENCONTEK BAWA CATATAN KECIL, NYONTEK DARI TEMAN, LUPA TERHADAP PERILAKUNYA TERHADAP DIRINYA SENDIRI, TERHADAP ORANG LAIN ,LINGKUNGAN DAN KEPADA PENCIPTANYA, AJARAN BUDAYA, AJARAN ADAT, AJARAN AGAMA TIDAK MELAKUKAN DENGAN SADAR HANYA BERBUAT BILA DISURUH ATAU MELAKUKAN SECARA TERPAKSA DAN STRESS. 

YANG SANGAT PENTING DALAM PEMBENTUKAN WATAK DAN KEPRIBADIANNYA, SESUAI PROGRAM DINEGARA NEGARA MAJU, YANG BAIK PERLU DITIRU. 

SLTP ,SLTA SUDAH MULAI TAHU PERAN,SUDAH TAHU APA YANG HARUS DILAKUKAN SUDAH TAHU HARUS BERTANGGUNG JAWAB PADA DIRINYA SENDIRI, ORANG LAIN, LINGKUNGAN DAN KEPADA SANG PENCIPTA , TAHU MANA YANG BAIK DAN TAHU MANA YANG TIDAK BENAR SECARA PASTI ,BISA BEKERJA SAMA, MELAKSANAKAN SESUATU DENGAN KESADARAN DAN KEIKHLASAN, SUDAH BERPIKIR YANG BAIK DAN BERPIKIR KREATIF, BELAJAR PENGETAHUAN, TEHNOLOGI, KETERAPILAN , BUDAYA, AGAMA ,ADAT DAN PERADABAN DENGAN BAIK SECARA UMUM DAN KHUSUS DLL,DENGAN KESADARAN DAN KEIKHLASAN. 

BISA MEMECAHKAN PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DENGAN WAJAR, MAMPU DAN TERAMPIL, DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN, BEGITU JUGA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN NARKOBA SEJAK KECIL/SEKOLAH DASAR SUDAH TAKUT DAN IMUN/MENOLAK NARKOBA, SEHINGGA PADA SAAT INI PERLU DIINGATKAN SECARA RUTIN TENTANG PENGETAHUAN NARKOBA UNTUK MENJAUHI DAN ANTI NARKOBA KARENA BAHAYANYA SANGAT BESAR DAN BERAT. 

PERGURUAN TINGGI/ SARJANA SUDAH MEMILIKI FONDASI KEPRIBADIAN, BERPIKIR KREATIF, YANG DITULIS DIATAS DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB ,DAPAT BEKERJASAMA, TAHU PERANNYA, TAHU MEMPOSISIKAN DIRINYA SESUAI KELOMPOKNYA ATAU STRATANYA,MENGETAHUI TEORI/ PENGETAHUAN, TAKTIS DAN TEKNISNYA SERTA STRATEGI, AGAMA, BUDAYA, ADAT ,PERADABAN , TAHU MANA YANG BENAR TAHU MANA YANG TIDAK BENAR, DAPAT MEMILAH MILAH PERMASALAHAN, DAPAT MENGELOMPOKAN MASING MASING PERMASLAHAN, DAPAT MENYUSUN MANA PERMASALAHAN YANG BIASA, PENTING, SANGAT PENTING, BEGITU JUGA CARA PENYELESAIANNYA MANA YANG DIDAHULUKAN, MANA YANG BIASA, MANA YANG SANGAT DIPRIORITASKAN, SEHINGGA DALAM MEMECAHKAN SUATU PERMASALAHAN TAHU SECARA PASTI DARI DATA, FAKTA, INFORMASI ,TEORI, TAKTIS,TEKNIS DAN STRATEGI DARI AKIBATNYA DAN RESIKO YANG AKAN DIHADAPI. 

DALAM MENGHADAPI NARKOBA SUDAH HARUS BERPIKIR TERHADAP DAMPAK DAN KORBANNYA TERHADAP BANGSA DAN NEGARA, SERTA AKAN MEMPENGARUHI KESEGALA SENDI KEHIDUPAN (IDELOGI, SOSIAL, POLITIK, EKONOMI,BUDAYA, PERTAHANAN, KEAMANAN DAN AGAMA), SEORANG MAHASISWA ATAU SARJANA SUDAH HARUS BERPIKIR TENTANG WAWASAN NUSANTARA, BERAGAMA, BERBUDAYA, DAN BERADAB, KETENTUAN HUKUM, PERATURAN KETENTUAN TERTULIS DAN TIDAK TERTULIS , DALAM PERANNYA UNTUK MENGISI KEMERDEKAN DENGAN JUJUR ,IKHLAS SERTA AMANAH. 

CONTOH DATA DARI AKIBAT KORBANNYA : 
1. KORBAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT NARKOBA SEHARI DARI DATA HASIL PENELITIAN UNIVERSITAS INDONESIA DAN BNN TAHUN 2008 , RATA RATA SEHARI SEBANYAK= 51 ORANG, BERARTI SETAHUN = 365 HARI X 51 = 18.6 15 ORANG 

2. KORBAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT KECELAKAAN LALU-LINTAS SEHARI RATA-RATA =41 ORANG DATA TAHUN 2011 , BERARTI SETAHUN =365 HARI X 41= 14.965. 

3. KORBAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT TERORIST SETAHUN PALING BANYAK LEBIH KURANG = 300 S/D 500 ORANG BAIK YANG MELALUI BOM, DITEMBAK DI SOLO, PAPUA,ACEH DLL. 

4. BELUM LAGI KORBAN PENYALAHGUNA SE INDONESIA KURANG LEBIH SEBANYAK = 3.500.000 ORANG ,YANG TERKENA HIV/AIDS , YANG DIPENJARA, YANG GILA,YANG DIPECAT DARI KERJAAN, KULIAH, SEKOLAH, HARTA BENDANYA DIJUAL UNTUK MEMBELI NARKOBA, BEROBAT DLL, SANGATLAH BANYAK PENDERITAAN ,YANG KELAPARAN KARENA YANG CARI NAFKAH DIPENJARA,SAKIT, MENINGGAL DUNIA, YANG BERSEDIH DAN MENANGIS SETIAP HARI KARENA ANAK CUCUNYA DIPENJARA, SAKIT, MENINGGAL DUNIA. 

DARI DATA INI KITA HARUS TAHU MANA YANG HARUS DIPRIORITASKAN , MANA YANG DIOPTIMALKAN, MANA YANG HARUS DIDAHULUKAN ,KITA HARUS CERDAS DAN PINTAR MENGAMBIL KEPUTUSAN ATAS AMANAH YANG DIBEBANKAN PADA KITA , AGAR TIDAK SEPERTI MAIN MAIN ,FORMALITAS DALAM MENANGANI PERMASALAHAN NARKOBA ,DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN SERTA KEBIJAKSANAAN YANG HARUS DIAMBIL. 

KARENA KORBAN DAN KESENGSARAAN RAKYAT INDONESIA SANGATLAH BANYAK, BAHKAN PENERUS BANGSA DAN CALON PEMIMPIN BANGSA KEDEPAN AKAN HANCUR, LEMAH FISIK DAN JIWANYA,SAKIT FISIKNYA DAN JIWANYA, PELAKU KRIMINAL LEBIH BANYAK, PEMERINTAH KEDEPAN AKAN BERAT MENANGGUNG BIAYA MAKAN DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN, REHABILITASI, PASCA REHAB, DLL. 

17 OKTOBER 2012 
KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAMBI 
DRS. MOHAMMAD YAMIN SUMITRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on LinkedIn