Kamis, 27 Desember 2012

BULAN DESEMBER BANYAK SEKALI PERINGATAN ATAU HARI ULANG TAHUN ANTARA LAIN HUT GURU, HARI HAK AZASI MANUSIA, HARI HIV/AIDS, HARI IBU, HARI NATAL DAN TAHUN BARU 2013.

Moment ini sangatlah besar maknanya bila kita resapi , untuk keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia , dengan didukung oleh kedaulatan rakyat nya dan kekompakan rakyatnya. Dalam melaksanakan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, hanya kekuatan rakyatlah yang dapat memberantas Narkoba, dengan didukung dengan keimanan,ahlak dan ketakwaan. 

Karena Narkoba digunakan oleh dua kepentingan yaitu kepentingan ekonomi dan kepentingan politik selain menghadapi ancaman dari dua kepentingan ini , maka aparat akan menghadapi mafia internasional, mafia regional, mafia nasional, terorist dan oknum. 

Mengapa demikian karena Indonesia merupakan tempat pemasaran Narkoba dunia oleh para bandar Narkoba, karena penggunanya banyak sekali yaitu = 3.800.000 orang, dengan korban meninggal dunia rata rata sehari sebanyak = 51 orang. 

Bangsa Indonesia mampu dan bisa berbuat secara cepat untuk membangun bangsanya bila kedaulatan dan kekompakan rakyatnya bersatu dan mau berbuat, karena didukung oleh sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat banyak dan kaya raya, sebagaimana yang sering dikatakan bapak presiden “ Kita Bisa “ jelas sangat bisa bila bersatu dan kompak serta tidak ada dusta diantara kita, demi bangsa dan anak, cucu keturunan kita semua , yang semua itu adalah saudara. 

Hari ibu diperingati, untuk membangkitkan semangat bahwa ibu - ibu itu merupakan tonggak bangsa , yang harus selalu dihormati, dijunjung tinggi, disayangi, dicintai, dibanggakan karena beliaulah kita ada didunia , ibu berjuang menjaga dan menyelamatkan kita dalam kandung selama sembilan bulan,begitu juga pada saat melahirkan berjuang antara mati dan hidup, merawat, mendidik, mengasih sayangi, menimang, membimbing, mengasuh, sampai kita besar dan menjadi pejabat, berpangkat, pegawai, pekerja, Polri, TNI, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh politik, olahragawan, seniman, budayawan, sastrawan, wartawan, sekolah, kuliah, dan lain - lain. 

Oleh sebab itu ibu ibu disebut tonggak bangsa karena jerih payahnya, berusaha, berupaya,merawat mendidik, membimbing oleh beliaulah kita menjadi besar, kuat ,pintar,pandai dan baik serta yang ditulis diatas, sehingga bangsanya menjadi besar dan kuat. 

Yang sangat penting dan selalu diingat oleh kita semua adalah, ridho ibu yang membuat kita bahagia didunia dan akhirat, sayangi ibu kita jangan sampai kita berbuat yang tidak baik dan tercela apalagi kita menggunakan narkoba yang akan menyakiti hatinya, membuat stres, membuat malu , merugikan moril dan materil, membuat sedih, membuat sengsara. 

Hari Ulang Tahun Guru, merupakan penghargaan ,penghormatan, dan membangkitkan semangat pengabdian kepada seorang pahlawan tanpa tanda jasa , kita menjadi relligius, bermoral, beradab ,beradat, berbudaya, berahlak, berbudipekerti, bermoral, beretika, pandai, pintar, cerdas, terampil, ahli, jadi pejabat, orang berpangkat, orang mampu / kaya, bijaksana dan lain lain tentang kebaikan berkat guru. 

Agar kita selalu mengingat bahwa guru yang membuat kita sekarang, dan agar kita tetap menjunjung tinggi dan menjalankan apa apa yang diberikan secara ihlas dan mulia ini oleh guru , agar kita semua berbuat lebih baik kedepan, tidak berbuat kejahatan ,KKN dan mengunakan Narkoba. 

Coba kita renungkan muridnya jadi Presiden ,jadi menteri, jadi anggota DPR, jadi pejabat yang gajinya besar, tapi gaji gurunya tetap saja sesuai standar, apakah kita ingat terus dan memperhatikan beliaunya, jujur kita lupa karena kesibukan dan beda daerah apakah guru juga mengharap / meminta imbalan , tidak jugakan hanya kebanggaan guru bila muridnya jadi Presiden, menteri, pejabat, anggota DPR yang baik baik, tapi bila sudah tidak ingat,tidak memperhatikan, tidak pernah memberi , terus menonton TV atau baca koran muridnya masuk penjara karena korupsi , menggunakan Narkoba, bandar Narkoba dan kejahatan lainnya akan terpukul sekali dan sangat sedih. 

Hari Hak Azasi Manusia, agar kita selalu mengingat bahwa hak azasi manusia itu merupakan kebutuhan dasar seluruh manusia, kita harus menjunjung tinggi hak azasi manusia, jangan melanggar hak azasi manusia, dan mengingatkan secara terus menerus tentang kejadian pelanggaran hak azasi manusia yang telah dilanggar, agar tidak terulang kembali dimasa mendatang. 

Salah satu caranya untuk menegakkan hak azasi manusia yaitu dengan cara penegakkan hukum yang baik, adil dan tegas, serta pelaku tindak pidana diberlakukan hukum yang sama baik peradilannya maupun hukum nya , agar dapat dimonitor oleh masyarakat dan bangsa ini akan lebih tertib, lebih damai, lebih sejahtera, lebih menjunjung tinggi hak azasi manusia. 

Bila dikaitkan Narkotika dengan hak azasi manusia sangatlah besar, karena dilihat dari dampaknya sangat besar akibat bandar/ pengedar narkoba akan membuat orang melanggar hak azasi manusia ,membunuh bapak ibunya kejadian di Medan, menabrak 12 orang dan meninggal dunia 9 orang di tugu tani Jakarta, belum lagi pilot yang tertangkap menggunakan Narkoba yang dapat memakan banyak korban dan lain lain. 

Karena bandar Narkoba banyak orang sakit, sakit jiwa, meninggal dunia, sekolah/kuliah/kerja dipecat/ dikeluarkan, melakukan tindak pidana masuk penjara, banyak yang bersedih, kedepan anak cucu kita akan terancam oleh Narkoba. 

Dalam merayakan Tahun baru 2013, kita harus merenung, mengevaluasi apa yang telah diperbuat banyakkah kesalahan dan dosa yang telah diperbuat pada tahun 2012, memohon ampun atas dosa yang telah diperbuat dan berdoa agar tahun depan terhindar dari kesalahan dan dosa. 

Mengapa kita harus hura hura yang kelewatan , pesta minum minuman keras, bermaksiat, menggunakan Narkoba, membakar kembang api yang berlebihan, kebut kebutan. 

Harusnya kita prihatin dan bersedih memohon ampunan dan berdoa karena umur kita berkurang satu tahun, kalaupun merayakan cukup kumpul bersilahturahmi, beli terompet meniup terompet, bakar jagung, singkong, ubi, bakar ikan,udang, ayam makan minum bersama sama teman,kawan, sahabat dan keluarga. 

Jangan sekali - kali menggunakan Narkoba , karena akan merugikan diri sendiri, orang lain bisa nabrak nabrak, bisa sakit,meninggal dunia akibat over dosis dan yang perlu diingat seluruh aparat pemerintah wajib melaksanakan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, sesuai Inpres Nomor 12 tahun 2011, menjelang, pada saat ,setelah perayaan malam tahun baru 2013, berarti akan turun untuk melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 12, yang terlibat yaitu : TNI, Polri,BNNP, BNNK, seluruh SKPD,instansi vertikal, bapak Gubernur, Bupati, Walikota dan seluruh komponen masyarakat yang peduli akan bahaya dan ancaman Narkoba. 

Sesuai data hasil penelitian masuknya Narkoba dari pelabuhan Laut / perairan = 80 % , dari pelabuhan udara = 20 % , kalau masuk ke Jambi melalui darat dari arah Medan, dari arah Palembang,dari arah Padang. 

Tempat peredaran ditempat tempat hiburan sebanyak = 60 % , dan 40 ditempat lain termasuk pengendalian dari bandar yang ada di LP malalui kurir dan alat komunikasi/HP, berarti dari data ini merupakan sasaran kegiatan seluruh aparat pemerintah mengarah kesini begitu juga Ketua RT, RW,Lurah, Kepala desa mengawasi dan memantau tempat tempat kost, rumah kosong, rumah yang tidak ada orang tuanya, taman taman, lapangan lapangan, pinggir danau, pinggir sungai dan tempat tempat lain yang akan digunakan untuk mengkonsumsi Narkoba 

Hari HIV/AIDS : ini merupakan hari yang perlu perhatian untuk membangkitkan semangat kerja dan semangat berkarya untuk semua saudara kita , banyak akibat narkoba yang membuat saudara kita kecewa marah kepada bandar begitu juga semua keluarga nya. 

Hanya seluruh komponen bangsa yang dapat memerangi Narkoba ,korban sudah terlalu banyak yang menyesengsarakan, merusak segala sendi kehidupan.

Jambi, 27 Desember 2012
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi
KombesPol. Mohammad Yamin Sumitra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on LinkedIn