Senin, 29 Oktober 2012

HARI RAYA IEDUL ADHA/ HARI RAYA QURBAN DAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA SANGATLAH TEPAT UNTUK MEMBANGUN BANGSA LEBIH MAJU DAN BERSATU , UNTUK MENCAPAI TUJUAN BANGSA DAN BEBAS DARI PENYALAHGUNAAN SERTA PEREDARAN GELAP NARKOBA.

Hari Raya Iedul Adha / Hari Raya Qurban merupakan suatu kejadian yang sangat hebat, istimewa dan sangat besar dari rasa taqwa umat manusia kepada sang khaliknya/ penciptanya/ Tuhannya/ Allah, dengan sangat taat dan ikhlas menjalankan perintahnya untuk menyembelih seorang putranya yang sangat disayanginya yaitu Nabi Ismail AS oleh seorang bapaknya yaitu Nabi Ibrahim AS, keduanya dengan taat dan ikhlas karena sangat bertaqwanya, sehingga Allah menggantinya dengan seekor domba. 

Rabu, 17 Oktober 2012

SOLUSI PENANGANAN NARKOBA SECARA DINI UNTUK MENYONGSONG BANGSA INDONESIA KEDEPAN LEBIH BAIK DAN LEBIH MAJU, UNTUK MENCAPAI CITA CITA BANGSA YANG BERSATU, BERDAULAT ADIL DAN MAKMUR.

YANG PERTAMA JANGAN ADA DUSTA DIANTARA KITA, KITA SEMUA HARUS BERTANGGUNG JAWAB MENANGANI NARKOBA SECARA BERSAMA SAMA , DAN MELAKSANAKAN AMANAH DENGAN BAIK JUJUR DAN IKHLAS UNTUK MENYELAMATKAN BANGSA. 

HUKUM DI INDONESIA BERLAKU SAMA, TIDAK ADA PERBEDAAN UNTUK PELAKU TINDAK PIDANA BAGI WARGA NEGARA INDONESIA. 

KITA PERSIAPKAN SEJAK DALAM KANDUNGAN ,LAHIR ,BAYI SAMPAI DEWASA DIBERI MASUKAN ( AIR SUSU IBU, MAKAN DAN MINUM) DARI UANG YANG HALAL, UMUR DUA TAHUN DIBERI MASUKAN MASUKAN YANG BAIK, BAIK GIZI DAN APA YANG DILIHAT, DIDENGAR , DIRASAKAN, CONTOH CONTOH YANG BAIK-BAIK, YANG LEMAH LEMBUT, SOPAN SANTUN,KASIH SAYANG, RAMAH TAMAH ,MENGHORMATI ORANG YANG LEBIH TUA. DLL. 

Senin, 15 Oktober 2012

PERLU KESERIUSAN DAN PENANGANAN SECARA OPTIMAL BAHAYA NARKOBA

jengkal demi jengkal , detik demi detik tanah air ku Indonesia digerogoti oleh ancaman Narkoba yang sangat berbahaya bagi bangsa ini , kegiatan ini dilakukan oleh orang/kelompok yang berkepentingan dengan ekonomi dan politik, walau korban sehari meninggal dunia rata rata sehari = 51 orang data tahun 2008, semua banyak yang diamnya kecuali keluarganya yang terlibat langsung, penyalah guna 3,5 juta orang ini akan berpengaruh kepada segala sendi kehidupan (IPOLEKSOSBUDHANKAM DAN AGAMA) dan mempengaruhi kesejahteraan RAKYAT , coba bila satu lembaga permasyarakatan (LP) saja = 543 orang ( data oktober 2012 LP Kota Jambi ) ,setiap hari ada yang kelaparan bila orang yang ditahan yang mencari nafkah, ada yang menangis setiap hari dirumah : ibu, bapak,adik,kakak ,pacar, suami, istri bila yang didalam LP (penjara ) adalah anaknya, bapaknya, ibunya, kakaknya ,adiknya, istrinya ,atau suaminya, dan LP / Negara akan kewalahan memberi makan Napi dan ruang tahanan / LP penuh.

Jumat, 12 Oktober 2012

Renungan menjelang hari raya Qurban ( Idul Adha 1433 ), Untuk Indonesia Terbebas dari ancaman Narkoba 2015 dan seterusnya

Riwayat atau sejarah hari raya Qurban ( Idul Adha ) dengan keyakinan dan ketaqwaan seorang hamba yaitu Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS, dengan ketaqwaan bapak dan putranya rela mengorbankan nyawanya / jiwanya dan raganya untuk melaksanakan Perintah Allah SWT , ( Bapaknya menyembelih putranya, dan putranya rela, pasrah dan ikhlas untuk disembelih ). Dengan ketaqwaan dan keiklasan ini, maka dengan kebesaran dan kekuasaan serta Kunfayakun kalau Allah berkehendak” jadilah maka jadi apa yang dikehendaki “ 
Dengan kejadian itu maka umat sesudahnya, agar rela berkurban,pada Hari Raya Qurban ( Idul Adha ) bila bagi yang mampu tidak mau berkurban maka dilarang mendekati tempat ibadah ( mesjid ),ancaman ini sangatlah berat . 
Jika kita ketahui tujuan hidup umat manusia ( seorang manusia ) adalah bahagia didunia dan akhirat, berarti harus ada keseimbangan bahagia untuk didunia dan harus mempersiapan untuk kebahagiaan di akhirat nanti. 
Bila ditinjau dari keutamaan manusia dimata Allah SWT adalah orang yang paling bertaqwa. 
Maka kekayaan, pangkat,jabatan jangan dijadikan untuk penilaian bahwa orang kaya, berpangkat, dan jabatannya tinggi adalah orang yang paling hebat,atau lebih dari yang lainnya. 
Karena dimata Tuhan orang yang paling hebat dan paling utama adalah orang yang paling bertaqwa. 
Untuk itu kita harus ingat keseimbangan untuk bahagia didunia dan akhirat yaitu ( Tujuan Hidup Manusia ) Kekayaan, pangkat, jabatan yang paling tinggi untuk kebahagian didunia dan titipan atau amanah dari Allah itu agar jangan disalahgunakan, tapi harus dipertanggung jawabkan untuk dipersiapkan dalam rangka mencapai kebahagiaan dihari akhirat nanti. 

Kamis, 11 Oktober 2012

PAGELARAN SENI DAN BUDAYA

Assalamualaikum waramatullohi wabarakatuh 

Selamat siang salam sejahtera 

Tak henti – hentinya kita selalu memanjatkan puji Syukur kepada Allah SWT dan semoga Rahmat dan Hidayah dilimpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW dan kita semua. 
Pagelaran Seni dan Budaya ini dilaksanakan, tujuannya untuk melestarikan dan meningkatkan Seni dan Budaya khususnya di Provinsi Jambi. 
Dengan Seni dan Budaya ini kita semua dapat menangkal hal-hal yang bersifat negatif,membuat pikiran dan jiwa kita selalu berpikir yang positif dan kreatif. 

 Karena kebudayaan adalah sumber dari segalanya 
-  Untuk berpikir yang baik, lembut, ramah, indah, kretif dan lain - lain. 
-  Berprilaku, bertingkah laku yang baik. 
-  Meningkatkan dan mempertahankan peradaban. 
-  Meningkatkan perkembangan teknologi. 
-  Meningkatkan keluhuran hati dan jiwa.
-  Menangkal yang negatif.
-  Untuk berubah lebih baik ( Reformasi ).

Hidup ini indah, bila hidup ini rusak berarti kita yang merusaknya

Dengan kegiatan pagelaran seni dan budaya ini,kita dapat membentuk jiwa dan pikiran yang selalu positif, baik, indah, lemah lembut, kreatif, teknokrat dan maju.
Sehingga dikehidupan sehari – hari dapat menangkal stres,rasa kesepian,kejenuhan, budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang berpedoman kepada religius dan beradab.
Berarti dengan kegiatan ini kita semua bisa menangkal Narkotik ,karena tidak ada waktu nganggur,kosong kesepian karena kita selalu aktif berbuat yang positif ,mempertahankan yang baik dan menciptakan yang baru.
Selamat berjuang untuk melestarikan Seni dan Budaya Provinsi Jambi dan jauhi narkoba,karena akan menyengsarakan kita semua serta akan merusak bangsa dengan mengucapkan Bismillahiromanirohim,Pagelaran Seni dan Budaya pada jam 13.30 WIB saya buka.

Sekian Walaikumsalam Waromatollahi Wabarokatuh

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi
Drs.Mohammad Yamin Sumitra

Rabu, 10 Oktober 2012

Narkoba adalah ancaman yang sangat berbahaya dan merusak bangsa, perlu penanganan secara serius dan optimal oleh seluruh komponen bangsa.

Bila dilihat dari data hasil penelitian Universitas Indonesia dan BNN Tahun 2008,korban meninggal dunia rata-rata sehari = 51 orang. Berarti setahun 51 orang x 365 hari =18.615 orang, penyalahguna/ pemakai sebanyak 3,5 juta orang. 

Belum lagi contoh data dari provinsi Jambi yang korban terinveksi HIV / AIDS Seprovinsi Jambi ada = 613 orang ( Mei 2012 ) akibat Narkoba , Satu Lembaga Permasyarakatan Kota Jambi Narapidana/ tahanan akibat Narkoba sebanyak = 546 orang (Oktober 2012) , LSM ( Jothi,Sikok,Kanti Sehati, Korban Ex Narkoba ) Lebih kurang = 1000 orang dalam binaannya ,tempat rehabilitasi alternatif ada 5 ( pondok pesantren ) ada satu diantaranya Pondok Pesantren Al Baro’ah kota Jambi yang sedang direhabilitasi sebanyak = 70 orang dan yang sedang berobat dirumah sakit jiwa rata-rata setahun seprovinsi jambi sebanyak kurang lebih = 70 s/d 100 orang. 

Data hasil penelitian Universitas Indonesia bekerja sama dengan BNN tahun 2008 penyalahguna/ pemakai narkoba , sebanyak = 44,627 orang, Prevalensi 2,43 % dari jumlah penduduk se Provinsi Jambi, Rangking Enam se Indonesia dan tahun 2010 pengguna narkoba di Provinsi Jambi sebanyak = 50.420 orang. 

Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi dilantik pada tanggal 19 April 2011 , sebagai Organisasi Vertikal Non Kementrian ,yang bertugas untuk menggerakan seluruh komponen bangsa secara bersama sama untuk mencegah, memberantas, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika ( P4GN ). 

Alhamdulillah berkat bimbingan dan petunjuk Allah , bantuan bapak Gubernur yang meminjamkan kantor BNNP Jambi, dana , kendaraan ,personil (PNS Pemda Provinsi ), penekanan keseluruh bawahannya , seluruh SKPD untuk melaksanakan P4GN, Bapak Kapolda beserta jajarannya, membantu personil, petunjuk dan pelaksanaan tugas dibidang operasional inteljen, preemtif, preventif,penegakan hukum dalam pelaksanaan P4GN, dan pembinaan kedalam, Bapak Danrem beserta jajarannya membantu tugas operasional inteljen ,penyuluhan dan membantu dalam pelaksanaan penegakkan hukum, Bapak Kepala Pengadilan dan jajarannya, Bapak Kepala Kejaksaan dalam rangka penegakan hukum, Bapak Kepala Kanwil Kumham dan jajarannya dalam mengantisipasi peredaran didalam LP dan rutinnya razia razia dan razia Hand Phone,perketat pengawasan kiriman/ kunjungan Napi, Kepala Kanwil Depag dan jajarannya serta seluruh da’i setiap desa yang dimiliki Kanwil Depag dalam rangka khotbah agama disetiap kegiatannya P4GN, seluruh Kepala/Pimpinan SKPD yang telah melaksanakan sosialisasi P4GN baik kedalam maupun keluar yang didalam binaannya atau kaitannya, Razia, Cek Urine , seluruh Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarkat, Tokoh Pemuda , Oramas , Orpol, Organisasi Ibu- ibu ( karena ibu adalah sebagai tonggak bangsa ), Organisasi Pemuda , Organisai Cendekia Kota Jambi, LSM, seluruh Mes Media ( TVRI,RRI,Jambi TV, Jak TV, TV ONE, Intel Media, Tribun, Post Jambi, BUSER,dll ) Yang membantu secara antusias dan serius pelaksanaan P4GN,Iklan, Himbauan, Siaran siaran, LSM Sikok, Jhoti, Kanti sehati, Ex Penyalahgunaan Narkoba yang sangat rajin dan eksis melaksanakan ( Rapat,Diskusi,penyuluhan dll) P4GN, bimbingan/ pendampingan, Pondok pondok Pesantren ( Al Mubaro’ah, Al Khairot, Al,Hikmah ,Al Ikhsan, Al Amin dll) dalam melaksanakan P4GN dan Rehabilitasi secara alternatif semoga dapat bekerja sama dan dibantu oleh Rumah Sakit Jiwa, Dinas Kesehatan , Dinas sosial baik dana maupun pengobatan secara fisik , jiwa dan sosial ( selama di Provinsi Jambi belum ada tempat rehabilitasi ), Para Rektor, Purek, Dosen, Presiden Bem,Mahasiswa/ Mahasiswi IAIN, UNJA, UNBARI, STIKES, Muhamadiyah, STIKBA,STIKOM, STIE,.....Kepala Sekolah , Guru SLTA, SLTP baik negeri/Swasta yang telah mendukung dan melaksanakan P4GN, Seminar, pembentukan Kampus bebas Narkoba,Sekolah bebas Narkoba, Sebagai Kader , melaksanakan penyuluhan penyuluhan keluar, melestarikan seni dan budaya dalam Festival dan pagelaran seni dan budaya dll, Pengurus Mesjid, Pengurus Gereja, Pengurus Vihara, Pengurus Pure, Pengurus Pekong yang telah berpartisipasi dalam mendukung P4GN, Petugas pelabuhan Laut, udara dalam mendukung P4GN, Organda/ pemilik Perusahaan angkutan , pengemudi, dalam mendukung P4GN dll, Pemilik Hotel,Security,Staf Hotel, Disqotiq, Karoke yang telah memasang Vigura peringatan korban telah banyak dengan data saat itu,dan memberikan informasi P4GN, seluruh Masyarakat Provinsi Jambi yang membantu berjuang untuk menyelamatkan bangsa dari ancaman Narkoba yang korbannya sangat banyak dan menyengsarakan bangsa, anggota BNNP Jambi BNN Kota Jambi, BNNK Batanghari dan BNP Kabupaten/Kota yang telah berjuang untuk menyelamatkan bangsa dengan melaksanakan tugas dengan baik dan berdedikasi tinggi. 

Dengan semangat berjuang untuk menyelamatkan bangsa, generasi penerus, calon pemimpin bangsa kedepan, anak, cucu keturunan kita semua, menyelamatkan pembangunan disegala segi kehidupan ( Ideologi, Sosial ,Politik, Ekonomi, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Agama, Kesehatan fisik/jiwa dll ), memberantas Terorist, sehingga Provinsi Jambi Rangking penyalahguna menjadi menurun dari rangking Enam menjadi Rangking Dua Belas hasil penelitian Universitas Indonesia dan BNN pada bulan Nopember 2011( Prevalensi tahun 2008 = 2,43% , menurun menjadi =1,5 % dari perbandingan jumlah penduduk Provinsi Jambi ), keberhasilan ini diperoleh dari jerih payah dan perjuangan seluruh masyarakat Provinsi Jambi dan harapannya kedepan semuanya harus tetap eksis untuk menyelamatkan anak cucu dari ancaman Narkoba. 

Dan BNNP Jambi mendapat Piagam Penghargaan Sistim Informasi Narkotik, Tahun 2011 hanya Tiga Provinsi dan Tahun 2012 hanya Empat Provinsi berkat bantuan seluruh Instansi terkait dan dedikasi seluruh staf BNNP Jambi dan Operator SIN. 

10 Oktober 2012 
KEPALA BADAN NARKOTIKA PROVINSI JAMBI 
DRS. MOHAMMAD YAMIN SUMITRA