Sabtu, 07 Desember 2013

MENJELANG TAHUN BARU 2014, KITA SEMUA AKAN MENINGGALKAN TAHUN 2013 DAN HARUS MENGEVALUASI MASA LALU , MASA LALU YANG KURANG BAIK HARUS DITINGGALKAN DAN MENYONGSONG MASA YANG AKAN DATANG HARUS BERUBAH YANG LEBIH BAIK , HARUS PEMIKIRANNYA YANG LEBIH BARU DAN HARUS LEBIH MAJU, DEMI BANGSA DAN NEGARA UNTUK TERCAPAINYA TUJUAN NASIONAL.

Mengapa judul diatas ditulis, “ karena masa yang akan datang harus lebih baik dari pada masa kini”, baik keimanan , ketakwaan, kejujuran, keamanahan , moral / berbudi luhur , beretika, menjunjung tinggi hukum dan HAM ,  persatuan , kesatuan, kedaulatan, keadilan, kesejahteraan  untuk negara dan bangsa ini, lebih baik serta  lebih maju.

Salah satu kuncinnya adalah, masyarakat harus lebih pandai dan cerdas dalam memilih calon presidennya, calon legislatifnya di PEMILU 2014 , dan jangan sampai menjadi GOLPUT/ tidak memberikan suaranya pada Pemilu  2014 , karena Pemilu akan menentukan masa depan bangsa ini dan harus mengawal Pemilu 2014 ini menjadi bersih , bebas serta  bermartabat.

Calon pemimpin bangsa ini harus tahu permasalahan  bangsa yang sangat besar  dan sangat berat yaitu : KKN , Terorist , Narkoba dan kemiskinan.

Kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sangat banyak , dari Sumber Daya Alam, Sumber daya Laut , Sumber Daya hutan , bila diolah oleh aparat pemerintahnya dengan baik dan amanah maka bangsa ini akan kaya raya sejak mulai merdeka 17 Agustus 1945.

Begitu juga sangat banyaknya Sumber Daya Manusia Indonesia yang sangat hebat hebat, sangat profesional, sangat terampil , sehingga negara maju ( Amerika , Jepang , Jerman , Cina , Belanda dll ) sangat membutuhkan dan menggunakan Sumber Daya Manusia Indonesia , pada acara di tv acara Kick Andi 47 orang Indonesia menjadi orang yang penting dinegara negara maju tersebut.
Setelah tahu permasalahan dan sumber daya yang dimiliki , maka kita harus tahu cara mengatasinya dan memberikan jalan keluarnya.

Contohnya :  untuk memilih pemimpin ( presiden dan legislatifnya )  pada Pemilu 2014 , yang dapat memberantas KKN , terorist , Narkoba , harus dengan kejujuran , amanah , berani , serius  dan komitmen , ketahuan dari sikap dan tindak tanduknya  sebelum mencalonkan dan pada saat kampanye pada saat menyampaikan visi dan misinya sudah serius menyampaikan permasalahan ini,  juga harus diuji kelayakannya / assesment tentang permasalahan ini , yang tidak tahu dan tidak serius menangani ini jangan dipilih , karena banyak yang tidak pernah menyampaikan permasalahan ini dengan serius pada Pilkada , dipilih juga oleh rakyat , sehingga tidak memikirkan penderitaan , kesengsaraan rakyatnya serta tidak  mengetahui apa yang dihadapi permasalahan yang sangat bahaya dan sangat besar  serta ketahuan tidak sayang terhadap rakyatnya.

Contoh : jalan keluar untuk mengentaskan kemiskinan perlu kejujuran , amanah dan keberanian menjebol sistem yang sekarang berjalan , semua Sumber Daya Alam harus diketahui yang benar keluar dari buminya berapa ? , hasil Sumber Daya Alam harus diproses sampai matang di dalam negeri agar rakyat memiliki banyak lapangan pekerjaan dan tidak menganggur serta mengurangi kebocoran / penyimpangan  pengolahan  SDA contoh minyak mentah bisa jadi apa apa saja , konsentrat PT Prefort bisa menjadi apa apa saja , CPO kelapa sawit bisa jadi apa apa saja , bila pengolahan SDA dilakukan dengan  jujur maka  hasilnya  akan banyak sekali  dan melimpah ruah bisa untuk membuat  infrastruktur yang sangat banyak sekali , yang selama ini merupakan salah satu penghambat dari pembangunan bangsa ini.

Sumber daya laut rakyat dimodali / diberi modal oleh pemerintah atau pemerintah mengadakan sarana prasarana untuk mengolah dengan sistem modern sehingga banyaknya menyerap tenaga kerja ,rakyat tidak banyak yang menganggur dan akan mendapat penghasilan yang banyak , sehingga mensejahterakan rakyat / atau dapat mengentaskan kemiskinan.

Hutan , perkebunan  lahan dan tanahnya jangan banyak banyak diserahkan kepada perusahaan sehingga rakyatnya hanya jadi kuli / buruh yang gajinya kecil hanya cukup untuk makan saja , sehingga rakyatnya menjadi kere atau miskin terus menerus sampai keanaknya sehingga tidak bisa sekolah karena uangnya sedikit.

Sebenarnya  proyek transmigrasi itu sangat baik, rakyat dikasih dua hektar dan rumah , tapi sayang tanahnya tidak diproses jadi dulu , sudah dibersihkan dari akar akar yang besar , batang berserakan, tanahnya masih tandus karena belum diolah , sehingga para transmigrasi  mengolahnya banyak yang tidak kuat sehingga tidak sanggup dan pulang kekampungnya , lahan sama rumahnya dijual dan sampai ada transmigrasi yang berbisnis ikut lagi ,ikut lagi program transmigrasi hanya untuk mendapatkan uang jual rumah dan lahan nya , karena ada pembatasan bantuan pemberian makan nya hanya sekian bulan atau satu tahun , lahannya belum menghasilkan bantuannya sudah di stop , sehingga terlambat mengolah lahan karena situasi dan kondisi lahan tanahnya tidak langsung dapat ditanam ,sehingga para transmigrasinya pulang. Sebenarnya Program trasnmigrasi ini harus dilakukan dengan lahan tanahnya harus sudah matang , bersih dan siap ditanam sehingga rakyat yang menganggur mau dan berebutan menjadi transmigrasi, tidak seperti dulu.

Bila jalan keluar untuk mengatasi permasalahan bangsa ini yang ditulis diatas dapat dilaksanakan dengan baik ,maka akan dapat menyelesaikan permasalahan bangsa yang menyangkut infrastruktur, ekonomi, SDA, SDM, mineral  karena bila dapat dana yang banyak maka semuanya dapat diatasi.

Sumber Daya Manusia yang hebat hebat, terampil, profesional dan amanah harus digunakan dengan baik ,jangan malah dibuang , disingkirkan, dianiaya bahkan dibunuh, serta tidak diberi kesempatan sekolah  ( orang orang hebat, profesional, terampil bukan hanya didapat dari sekolah formal , melainkan dari amanahnya melaksanakan tanggung jawab dan pengalaman serta menggali dari luar sekolah yang formal , karena sekolah yang formal banyak memerlukan uang banyak, yang jujur dan amanah tidak mungkin mendapatkan uang yang sangat banyak karena takut sama Allah khusus untuk karier, yang resmi yang sekolah umum bisa diraih dengan banting tulang dan dapat bantuan ).

Jadi rakyat harus pandai dan cerdas jangan mengorbankan bangsa dan negaranya, kalau diberi uang diambil saja tapi milihnya jangan yang memberi uang karena pemimpin yang demikian kurang baik dan akan mencari atau mengembalikan uang yang disebar sebar untuk memberikan sebelum jadi , waktu kampanye, dan yang dipilih  calon pemimpin bangsa  yang harus tahu dan serius dapat memberi jalan keluar untuk menangani permasalahan yang besar dan berat yaitu  : KKN , terorist , Narkoba dan kemiskinan .

Gunakan nurani , kepandaian dan kecerdasan untuk  merubah bangsa ini lebih baik serta lebih maju, dengan tepat memilih pemimpin melalui Pemilu 2014 .

Jambi, 7  Desember 2013
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi
Kombes Pol. Drs. Mohammad Yamin Sumitra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on LinkedIn