Kamis, 23 Januari 2014

HASIL RAKOR SOSIALISASI PERMENDAGRI NO. 21 TAHUN 2013

SOSIALISASI PERMENDAGRI NOMOR 21 TAHUN 2013 TENTANG FASILITASI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
HOTEL GRAND INNA KUTA, BALI TANGGAL 21 S/D 22 NOVEMBER 2013

Melaksanakan Surat Perintah Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi Nomor: Sprint/588/XI/2013/BNNP tanggal 20 November 2013 untuk menghadiri undangan Sosialisasi Permendagri Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika bertempat di Hotel Grand Inna Kuta Jl. Pantai Kuta No. 1 Kuta Bali, dengan ini dapat kami laporkan sebagai berikut:

1.      Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan Narkotika harus dilakukan perubahan Paradigma Penanganan, Peningkatan Pengawasan dan Optimalisasi Kerjasama Kementerian/Lembaga terkait, pemerintah daerah, dan instansi vertikal di daerah dengan melibatkan keikutsertaan masyarakat.
2.      Perlunya mempertimbangkan pendekatan Rehabilitasi terhadap pengguna Narkotika disamping melakukan perubahan konstruksi proses hukum di Pengadilan dan penempatan di Lapas bagi pengguna Narkotika.
3. Pemerintah dan Pemerintah Daerah harus mengefektifkan implementasi dan penyempurnaan/penyesuaian peraturan perundang – undangan yang terkait dengan penyalahgunaan Narkotika sebagai upaya untuk menurunkan prevalensi penyalahgunaan Narkotika.
4.  Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan serta seluas – luasnya dalam pencegahan penyalahgunaan dan pemberantasan Narkotika seperti melaporkan kepada IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor).
5.    Melakukan langkah – langkah preventif melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika.
6.   Perlunya merumuskan strategi dan langkah – langkah tepat dalam pencegahan penyalahgunaan Narkotika melalui Sinergi Program/Kegiatan secara simultan dan berkesinambungan diantara Kementerian/Lembaga, BNN, Pemerintah Daerah, BNNP, BNNK.
7.      Perlunya menyamakan persepsi dari Kementerian/Lembaga, BNN, Pemerintah Daerah, BNNP, BNNK dalam menyusun program dan kegiatan penanganan penyalahgunaan Narkotika dengan berbasis Data Akurat.
8.  Mendorong langkah – langkah peningkatan Komunikasi, koordinasi dan sinergi antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, BNNP, dan BNNK dengan melibatkan peran serta masyarakat serta pendayagunaan peran FKUB, FKDM, dan Kominda.
9.      Mendorong Pemerintah dan Pemerintah daerah untuk melakukan Program Sosialisasi peraturan Perundang – undangan yang terkait dengan penyalahgunaan Narkotika termasuk Permendagri Nomor 21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika secara terus menerus kepada aparatur Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Demikian laporan ini kami sampaikan agar dapat menjadi pedoman dan untuk dapat dilaksanakan.

  Jambi,          November 2013
  Yang melaksanakan Kegiatan
Kepala Badan Narkotika Nasional
Provinsi Jambi


Drs. Mohammad Yamin Sumitra
Kombes Pol. NRP. 62030825

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on LinkedIn