KONSELING REHABILITASI MENAKUTKAN?


Sepertinya masih banyak yang belum terlalu mengetahui gimana sih konseling rehabilitasi? Menemui dan curhat kepada psikolog ataupun konselor memang masih sangat tabu dan dianggap memalukan. Pasti masih banyak yang takut dan berfikir bahwa konseling rehabilitasi itu menakutkan, entah itu takut dihakimi, malu, ketakutan akan biaya, dan lain lain. Semenakutkan itukah? 

 "Konseling rehabilitasi buat apa sih”

“Gak mau konseling ah.. malu”
Setiap orang pasti punya masalah dalam hidup, tekanan yang dapat merubah perilaku seseorang tersebut, seperti masalah ekonomi, hubungan keluarga, hubungan dengan orang lain, atau stress dalam pekerjaan yang akan beresiko membuatnya menjadi akan sangat rentan dan dekat dengan penyalahgunaan narkoba.

Percayalah bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya jika kita berusaha. Mungkin anda berfikir bahwa sulit untuk menyelesaikan masalah kehidupan anda, cobalah lakukan konseling dengan psikolog atau konselor. Psikolog akan membimbing dan memberikan beberapa solusi, tetapi tetap pasienlah yang harus menerapkannya. Peran besar konselor dalam proses rehabilitasi adalah mengembalikan kepercayaan diri individu-individu yang dianggap berbeda dari masyarakat pada umumnya.

 “Bagaimana dengan biaya?” 

“Konseling pasti biayanya mahal banget ya hm..”
 
“duh.. nanti kalo disuruh bayar gimana”

Kalem... Konseling rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS. jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan rehabilitasi disini.

“tapi nanti rahasiaku terbongkar kalo aku cerita ke psikolog”

“nanti kalo cerita-ceritaku disebar sama konselornya gimana ya?”

Kamu takut rahasia kamu terbongkar kalo curhat dengan psikolog ataupun konselor saat rehabilitasi?
Eitts... Jangan khawatir, mempertahankan kerahasiaan data adalah salah satu pasal yang wajib dipatuhi psikolog. Psikolog atau ilmuan psikologi wajib memegang teguh rahasia yang menyangkut klien atau pengguna layanan psikologi dalam pelaksanaan kegiatannya. jadi untuk hal ini sudah jelas tidak perlu ditakutkan yaa!

Gimana? Koseling sama sekali tidak menakutkan bukan?





Penulis: Aprian Hav

Komentar

Postingan Populer