Penyalahgunaan dan Penyebaran Narkoba, siapa yang seharusnya berkontribusi?


Sekitar 1,77 persen atau 3,3 juta penduduk Indonesia menjadi penyalahguna narkoba?


Indonesia masih merupakan wilayah sasaran penyelundupan jaringan narkoba internasional, karena permintaan konsumsi narkoba masih tetap tinggi. Jumlah prevalensi penyalahgunaan narkotika yang begitu besaar mengakibatkan kebutuhan narkotika yang cukup tinggi dan ketika permintaan tetap tinggi, maka para sindikat internasional akan terus "menggelontorkan dengan 1001 macam cara, 1001 macam jalur, 1001 macam modus, agar narkoba sampai ke pasar Indonesia. 

Meskipun psikotropika sangat diperlukan untuk pengobatan dan pelayanan kesehatan,  namun bila disalahgunakan atau digunakan sesuai dengan standar pengobatan, terlebih jika disertai dengan peredaran narkoba secara gelap akan menimbulkan akibat yang sangat merugikan perorangan ataupun masyarakat.

Penyalahgunaan narkoba merupakan suatu pola penggunaan yang bersifat patologik dan harus menjadi perhatian segenap pihak. Meskipun sudah terdapat banyak informasi yang menyatakan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan dalam mengkonsumsi narkoba, tapi hal ini belum memberi angka yang cukup signifikan dalam mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba. Narkoba dapat merusak potensi diri, sebab dianggap sebagai cara yang “wajar” bagi seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hidup sehari-hari. Untuk memberantas narkoba haruslah atas semangat bersama seluruh komponen masyarakat, termasuk di dalam keluarga sendiri. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penggunaan dan penyebaran narkoba, seperti membangkitkan kesadaran beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat, Selektif dalam memilih lingkungan seperti menghindarkan diri dari lingkungan yang tidak tepat, Membentuk kelompok-kelompok kecil yang positif, Bila berhadapan dengan orang/teman yang mulai bersentuhan dengan narkoba, gunakan kasih sayang  untuk menariknya ke jalan hidup yang lebih sehat dan juga Mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat-akibat yang di timbulkan juga dapat membuat kita lebih sadar akan bahayanya.


masihkah kita berdiam untuk mempertahankan sesuatu yang sudah nyata kerusakannya?

Penulis:
Aprian Hav

Komentar

Postingan Populer